Pemberian BLT di Desa Bondar Sihudon I Dirasakan Masyarakat

TAPTENG | sumut.sindotimes.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bondar Sihidon I, Kecamatan Adam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah, sudah menyalurkan BLT pada 30 warganya yang masuk kategori Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Seperti kehilangan mata pencarian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel dan tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan atau
serta rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

Hal ini juga tertuang dalam peraturan Kepala Desa Bondar Sihidon 1 nomor : 018 tahun 2024 tertanggal 22 Januari 2024 lalu.

Penerima Program Pemulihan Ekonomi Berupa Perlindungan Sosial dan Penanganan Kemiskinan Ekstrim Dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun Anggaran 2024 inilah yang di laksanakan oleh aparatur desa Bondar Sihudon beberapa waktu lalu.

READ  Pasca Operasi Ketupat Toba, Polres Sibolga Luncurkan Kegiatan KRYD

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini memperoleh uang tunai sebesar 900 ribu, untuk tahap awal yang di berikan langsung selama 3 bulan yakni Januari Februari dan Maret 2024.

Kepala Desa Bondar Sihidon 1, Kecamatan Adam Dewi, Dirman Pandiangan mengatakan, telah membagikan BLT pada 30 warganya dari Dana Desa yang di kucurkan oleh Pemerintah Desa tahun 2024 untuk tahap awal.

“Tahap awal ini, yakni triwulan pertama kita bagikan untuk 30 warga KPM, sebesar 900 ribu per orang, langsung tiga bulan itu,” kata Dirman.

READ  Walikota Sibolga Terima Kunjungan IWO Sibolga-Tapteng

Dirman juga menjelaskan bahwa ketentuan untuk KPM ini sudah tertuang dalam peraturan desa yang di tetapkan Januari lalu usai pelaksanaan musyawarah desa, bersama masyarakat, tokoh adat, tokoh agama , tokoh pemuda maupun BPD Desa Bondar Sihidon 1.

“Sebelum di tetapkan yang 30 warga ini, kita adakan musyarawah desa, dan ini lah hasil kesepakatan kita, mengingat hanya batas 20 persen yang mampu di alokasikan dari anggaran tersebut,” ujar Kades ini, pada Senin (22/4/2024).

Dirman Pandiangan juga berpesan pada warganya agar para penerima BLt ini bisa mempergunakan uang tersebut dengan sebaik baiknya.

READ  Polres Siagakan Personilnya Di KPU Dan Bawaslu Tapteng

“Walau nilainya tak seberapa, tapi pesan saya tolong di pergunakanlah uangnya dengan sebaik baiknya,” ucap Kades.

Sejumlah warga yang menerima BLT Dana Desa ini, salah satunya Ibu muda Artiani Silaholo, pada awak media ini mengatakan merasa bersyukur atas kucuran BLT ini, dan langsung diterima yang bersangkutan.

“Kita sudah terima dari pak kades 900ribu, bantuan desa. Dan sangat bersyukurlah bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan bisa membantu menambah modal untuk berladang,” timpal Artiani Sihaloho.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *